PEMILIHAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH BERPRESTASI

Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi DIY setiap tahunnya. Mekanisme pelaksanaan Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi di lakukukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi sampai dengan Nasional.
Sekolah dianggap maju atau tidak dapat dinilai dari kinerja kepala sekolahnya, sehingga kepala sekolah memiliki peran yang penting dalam menentukan arah perkembangan sebuah sekolah, sedangkan pengawas sekolah sendiri, memiliki peran yang penting dalam mengatasi setiap konflik yang dihadapi oleh para guru di sekolah. Pendapat tersebut disampaikan oleh Drs. Sugito, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Propinsi DIY pada saat beliau mengisi sambutan dalam acara pembukaan Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 19 Juli 2007 di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).
Kegiatan Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 ini, merupakan suatu wujud perhatian yang diberikan oleh pemerintah kepada para kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk menghargai segala dedikasi kerja yang telah mereka berikan. Selain itu, dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan juga dapat menjadi motivasi bagi para kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk selalu meningkatkan dedikasi kerja mereka dalam rangka menciptakan suasana sekolah yang sehat dan kondusif.
Peserta kegiatan Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 diikuti oleh para kepala sekolah tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan para pengawas sekolah tingkat TK/SD, SMP, SMA/SMK dan PLB, yang sebelumnya telah terpilih sebagai Juara I dalam Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2007. Jumlah kontingen kepala sekolah untuk tiap-tiap Kabupaten/Kota adalah 4 orang. Jadi, jumlah seluruh peserta kepala sekolah yang mengikuti Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 ada 20 orang, sedangkan untuk peserta pengawas sekolah, jumlah kontingen tiap-tiap Kabupaten/kota tidak sama. Untuk kontingen dari Kabupaten Gunungkidul ada 3 orang, Kota Yogyakarta ada 2 orang, Kabupaten Bantul ada 2 orang, Kabupaten Kulon Progo ada 3 orang, Kabupaten Sleman ada 2 orang, dan ditambah 1 orang kontingen dari Pengawas PLB Dinas Pendidikan Propinsi DIY. Jadi, jumlah seluruh peserta pengawas sekolah yang mengikuti Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007 adalah 13 orang.
Di dalam proses Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007, para kepala sekolah dan pengawas sekolah tersebut harus menjalani beberapa tes yang diujikan. Tes ini berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 19 s.d 21 Juli 2007. Kamis, tanggal 19 Juli 2007 adalah tes tertulis dan presentasi makalah. Materi tes tertulis yang diujikan adalah kemampuan Bahasa Inggris dan Kepribadian, sedangkan pada presentasi makalah, para peserta diminta untuk mempresentasikan makalah yang mereka buat sendiri dan isinya harus disesuaikan dengan bidang pekerjaan masing-masing. Tes hari kedua dilaksanakan Jum’at, tanggal 20 Juli 2007 adalah tes lisan untuk kemampuan Bahasa Inggris dan Kepribadian dan IT (berupa praktek kemampuan dalam mengoperasikan alat-alat teknologi). Tes ketiga dilaksanakan Sabtu, tanggal 21 Juli 2007 adalah Kompetensi Sosial, di mana para juri akan menilai kemampuan masing-masing peserta dalam bersosialisasi baik dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat tempat mereka tinggal berdasarkan berkas-berkas portofolio, hasil observasi dan unjuk kerja.
Para juri yang bertugas untuk memberikan penilaian kepada para peserta yang mengikuti tes Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007, antara lain berasal dari kalangan Dosen UNY, Pejabat Dinas Pendidikan Propinsi DIY dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).
Dari hasil tes yang diujikan kepada para peserta tersebut nantinya akan dipilih kepala sekolah dan pengawas sekolah yang berhak untuk mendapatkan Juara I, II dan III. Masing-masing peserta yang berhasil menjadi juara akan diberikan penghargaan berupa Tropy dan Piagam dari Dinas Pendidikan Propinsi DIY yang ditandatangani oleh Gubernur DIY. Untuk peserta yang terpilih sebagai juara I akan dikirim ke Jakarta mewakili Propinsi DIY untuk mengikuti Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2007. Para kepala sekolah dan pengawas sekolah yang mewakili tiap-tiap propinsi yang ada di Indonesia tidak akan menjalani tes lagi dalam Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2007, tetapi akan langsung menerima penghargaan yang akan diserahkan pada waktu Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka tanggal 17 Agustus 2007, sedangkan bagi peserta yang terpilih sebagai Juara II dan III dalam Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2007, penghargaan akan diserahkan pada saat Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2007 yang bertempat di Dinas Pendidikan Propinsi DIY.

TIM SIM Dinas Pendidikan Propinsi DIY

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home