AKU ANAK INDONESIA, SEJATI, MANDIRI DAN KREATIF.

Taman Pintar 21 Juli 2007


Kegiatan Hari Anak Indonesia yang bertepatan pada tanggal 23 Juli 2007, akan diselenggarakan berbagai macam kegiatan, kegiatan-kegiatan ini pada intinya adalah menyiapan generasi penerus bangsa dalam rangka peningkatan kwalitas dan daya kreatif yang mulai didorong dan diperkenalkan pada usia dini ( prasekolah ) hingga kepada tingkatan SMA.

Rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional di Provinsi Yogyakarta pada tahun ini , akan dipusatkan di Wates Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 2 Agustus 2007, namun rangkaian kegiatan tersebut telah berjalan sejak tanggal 14 Juli yang lalu untuk tingkat kabupaten/kota dengan melibatkan para pendidik usia dini, orangtua, dan tentunya anak-anak itu sendiri sebagai subyek utama yang ingin dibentuk dan ditanamkan kepeduliannya atas diri dan lingkungannya dalam meningkatkan sifat-sifat positip .

Pada kesempatan peringatan HAN di Kota Yogya, dengan mengambil tempat momumental di Taman Pintar, Walikota Jogja Herry Zudianto yang sekaligus meresmikan launching 620 PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ), dengan mengambil tema “ Aku Anak Indonesia, Sejati, Mandiri dan Kreatif “. Pada pidato peresmiannya, berpesan kepada anak–anak untuk terus meningkatkan diri dan prestasi dengan bimbingan orangtua agar menjadi anak yang cerdas dan beriman serta berbudi luhur, dinamis, kreatis dan inovatif. pada akhir pidato sambutannya beliau menekankan tekad pemerintah Jogja untuk menjadikan Taman Pintar sebagai wahana pembelajaran bagi anak-anak dan menjadikannya sebagai salah satu Icon kota Jogja dalam menambah daya tarik dunia pariwisata melalui anak-anak.

Selain itu beliau juga menaruh harapan yang besar agar anak mulai belajar, Niteni (memperhatikan dengan teliti), Niroke(mencontoh yang baik dan bermanfaat), lan Nambahake (mengembangkan dan berkreasi) yang merupakan anjuran dari Ki Hajar Dewantara serta menghimbau kepedulian orangtua agar selalu membimbing dan menyiapkan anak-anak dalam menghantarkan anak-anak untuk mencapai cita-citanya.

Pada kesempatan itu pula ditandai dengan pelepasan balon keudara serta penyerahan buku praktis PAUD kepada wakil dari paud kecamatan Demangan oleh Ketua penggerak PKK sebagai simbol resminya kegiatan hari anak nasional di kota Yogya. Dalam pesan singkatnya walikota disela-sela penyerahan buku tersebut, menghimbau untuk ibu-ibu dan bapak-bapak membaca buku panduan tersebut secata cermat dan mengimplementasikannya dalam pola pendidikan putra-putrinya. Selanjutnya acara yang bernuasa anak-anak dengan segala keceria dan tingkah polahnya dimulai dengan ditandai serangkaian pentas musik dan seni, diawali dengan essamble musik dari TK & Kelompok bermain Komimo asuhan Kak Seto, yang kemudian dilanjutkan tari kipas oleh TK Syuhada serta bermacam kreasi anak yang melibatkan anak dari Kelompok bermain hingga SMA.

Pada kesempatan itu panitya juga mengadakan kegiatan lomba menggambar untuk tingkat Taman Kanak-kanak, dan tidak lupa pula bahwa pada kesempatan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional semua akses permainan di taman pintar dan digunakan anak-anak dengan gratis.

Selamat Hari Anak Nasional, sampai jumpa di Kulonprogo pada kegiatan yang sama ditingkat Provinsi.

Team SIM Diknas Provinsi DIY.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home